Scroll untuk baca artikel
-->
-->
Nasional

Dandim Depok Paparkan Penerapan Teknologi MILES SIMPERA untuk Meningkatkan Kualitas Latihan TNI AD

24
×

Dandim Depok Paparkan Penerapan Teknologi MILES SIMPERA untuk Meningkatkan Kualitas Latihan TNI AD

Sebarkan artikel ini
Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iman Widhiarti memaparkan konsep penerapan teknologi MILES SIMPERA di hadapan Asisten Latihan Kasad (Aslat Kasad) Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar. (Foto: ist)
-->

DEPOK, Bakti508Depok. Com – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok Letkol Inf Iman Widhiarto mendapat kesempatan emas untuk memaparkan konsep penerapan teknologi MILES SIMPERA di hadapan Asisten Latihan Kasad (Aslat Kasad) Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar. Paparan berlangsung di Lapangan Tembak Pistol Mabes TNI AD, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Teknologi MILES SIMPERA, singkatan dari Multiple Integrated Laser Engagement System, merupakan buah karya inovatif anak bangsa hasil kolaborasi Letkol Inf Iman Widhiarto dengan PT. Ansa Solusitama. Kehadirannya menjadi jawaban atas kebutuhan modernisasi sistem latihan prajurit TNI sebagai Alat Pertahanan Negara yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif).

-->

Indonesia sebagai negara besar memerlukan sistem pertahanan yang kuat untuk menjaga kedaulatannya. Upaya ini tak lepas dari peran penting TNI sebagai garda terdepan dalam menjaga kedaulatan, keutuhan dan keselamatan segenap Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan prajurit menjadi prioritas utama.

Teknologi MILES SIMPERA menawarkan solusi latihan berteknologi tinggi dengan memadukan teknologi Laser Tagging, IT, Geo positioning dan komunikasi data. Sistem ini memungkinkan penyelenggaraan latihan realisme tinggi dengan metode Dua Pihak Tidak Dikendalikan.

Metode latihan ini mensimulasikan situasi pertempuran yang sesungguhnya, sehingga meningkatkan inisiatif, kreativitas, daya adaptasi, responsibilitas dan naluri tempur prajurit dihadapkan pada medan sesungguhnya. Hal ini diharapkan mampu melahirkan prajurit TNI yang tangguh, adaptif, dan siap tempur dalam menghadapi berbagai ancaman di masa depan.

Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iman Widhiarto mengungkapkan bahwa pemaparan konsep penerapan teknologi MILES SIMPERA ini merupakan wujud nyata Bhakti 0508/Depok dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

“Ini merupakan salah satu bentuk nyata Bhakti 0508/Depok dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara,” ujar Iman Widhiarto, dalam keterangannya kepada iNews Depok.

Kehadiran MILES SIMPERA diharapkan mampu mendukung sistem latihan TNI yang modern dan efektif, sekaligus memantapkan kemandirian Indonesia dalam pengembangan teknologi pertahanan.

Pengembangan MILES SIMPERA merupakan langkah maju yang signifikan dalam modernisasi TNI. Kesempatan Dandim 0508/Depok memaparkan konsep ini di hadapan Aslat Kasad menjadi bukti nyata komitmen TNI dalam membangun sistem pertahanan yang kuat dan adaptif demi menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (RB) 

-->
-->

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *